5 Game Seru Untuk Anak Dibawah Umur Tanpa Membuat Khawatir Orang Tua

Game seru untuk anak lebih baik sesuai pilihan orang tua. Saat seorang anak mulai memahami gadget akibat keseringan melihat lingkungan keluarganya yang selalu berinteraksi dengan smartphone mereka di mana dan kapan saja. Hal itu akan membuat seorang anak menjadi penasaran dan tertarik dengan smartphone. Anak-anak akan meniru kebiasaan orang dewasa yang kecanduan dengan gadget dan mengakibatkan mereka ingin selalu memainkannya. Jika anak sudah ikut kecanduan gadget hanya untuk memainkan sebuah game. Maka peran orang tua hanya bisa memilihkan game yang layak untuk anak tanpa melarang mereka bermain smartphone. Game yang layak untuk anak-anak biasanya memiliki peran edukasi seperti tebak-tebakan, menggambar, petualangan, mencari barang hilang, hafalan doa, menulis hingga perawatan. Tujuan dari game-game edukasi agar sang anak dapat bermain sambil belajar.

Ketika sang anak bermain pun sebaiknya orang tua wajib mendampingi agar terjadi interaksi pembelajaran yang edukatif. Saat anak bermain game seorang ayah atau ibu dapat membimbing sambil menjelaskan maupun memberikan pertanyaan yang sesuai permainan tersebut. Contohnya, anak yang sedang memainkan game “membersihkan rumah” dapat dibimbing orang tua dengan menunjukkan cara bermain sekaligus menerangkan makna dibalik permainan tersebut. Penjelasan itu berupa orang dalam permainan tersebut sedang membersihkan bagian-bagian rumah yang kotor dan setelah memakai segala sesuatu langsung dirapikan sendiri. Penjelasan-penjelasan dapat diterima oleh anak agar di masa depan akan menjadi lebih mandiri dan rajin karena terngiang dengan nasehat orang tua. Berikut artikel ini akan memberikan 5 contoh game seru yang sesuai dengan anak dibawah umur, antara lain LEGO juniors create & cruise, game anak edukasi, memancing untuk anak-anak, doctor kids, dan mewarnai anak.

Contoh game-game tersebut merupakan permainan yang akan sesuai pilihan orang tua karena telah dicocokkan dengan kebutuhan anak dibawah umur. Walaupun contoh game itu disesuaikan umur anak dan orang tua tidak terlalu khawatir lagi. Tetap saja peran orang tua sangat penting mendampingi guna memberikan penjelasan sekaligus pembelajaran. Serta mengurangi resiko anak menelusuri aplikasi-aplikasi bahkan mencoba game lain yang tidak sesuai dengan umur seperti game bandarq.